Berapakah Berat Ideal untuk Bayi Usia 0 Sampai 12 Bulan?

Berat badan bayi menjadi hal penting untuk tumbuh kembangnya. Jika berat bayi tidak cukup atau justeru berlebih, ini dapat menandakan adanya masalah. Lantas, apa saja hal yang memengaruhi berat badan bayi, dan berapa berat badan ideal untuk bayi pada tahun kesatu kelahirannya?

Bayi

Faktor yang memengaruhi berat badan bayi

Sebelum memahami berapa berat badan bayi ideal, terdapat baiknya guna mengetahui hal apa saja yang dapat memengaruhinya. Berdasarkan keterangan dari American Pregnancy, ada sejumlah faktor yang bisa memengaruhi berat badan bayi dan perkembangannya.

1. Usia kandungan
Bayi prematur yang lahir terlampau dini sebelum umur kehamilan fullterm (38 sampai 40 minggu) bakal mempunyai berat badan yang kurang dikomparasikan dengan bayi yang bermunculan tepat pada waktunya.

2. Jenis kelamin
Bayi laki-laki pada lazimnya mempunyai berat badan yang lebih banyak daripada perempuan. Bayi laki-laki pun melalui pertumbuhan yang lebih pesat dari bayi perempuan.

3. Kondisi kesehatan ibu saat berisi
Jika ibu tidak jarang sakit saat berisi, berat badan bayi dapat saja lebih rendah, bahkan bermunculan di bawah batas normal, dikomparasikan ibu berisi yang kondisinya sehat.

4. Kecukupan gizi ibu saat berisi
Ibu yang santap dengan gizi yang lumayan akan mempunyai bayi relatif lebih berat dikomparasikan ibu yang tidak tercukupi gizinya.

5. Kondisi kesehatan bayi ketika lahir
Misalnya, bayi yang merasakan sakit bawaan atau kongenital ketika dia lahir bakal memengaruhi berat lahirnya.

6. Bayi kembar atau tidak
Nutrisi ibu akan dipecah kepada dua bayi sampai-sampai akan memengaruhi berat bermunculan kedua anak kembarnya.

Cara menghitung berat badan bayi yang ideal

Untuk memahami berapa berat badan bayi yang sehat, Anda dapat melakukannya sendiri di lokasi tinggal dengan memakai timbangan dan meteran eksklusif bayi guna mengukur panjang dan berat badannya.

Langkah selanjutnya ialah membandingkan hasil angka yang tercantum di perangkat dengan grafik perkembangan panjang dan berat bayi normal menurut umur si kecil. Grafik pertumbuhan inilah ini adalah standar yang diputuskan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO), yang juga digunakan sebagai acuan dokter di Indonesia.

Post a Comment

0 Comments