Tips Penting Agar Pasien Multiple Sclerosis Bisa Mudik Dengan Nyaman

Memiliki penyakit multiple sclerosis (MS) bukan berarti Anda tidak bisa ikut mudik Lebaran untuk berkumpul dengan keluarga. Kondisi ini tidak menghalangi Anda untuk bepergian jauh, asalkan Anda mengetahui apa saja yang perlu disiapkan sebelum mudik Lebaran. Berikut tips mudik aman dan nyaman untuk pasien multiple sclerosis.

Pasien Multiple Sclerosis Bisa Mudik Dengan Nyaman

Tips mudik aman bagi pasien multiple sclerosis

Multiple sclerosis (MS) adalah penyakit autoimun yang terjadi saat sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel saraf, terutama di bagian otak, sumsum tulang belakang, dan saraf mata. Multiple sclerosis bisa dipicu oleh beberapa hal seperti stres, kelelahan, dan infeksi.

Mudik Lebaran bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi stres, dengan bertemu keluarga dan menghirup udara luar bisa mengurangi stres atau beban pikiran Anda.

Menurut seorang ahli saraf, dr. Mary Rensel, kebanyakan orang dengan MS tidak memiliki batasan perjalanan, bahkan orang dengan MS dapat bepergian dengan aman dengan beberapa perencanaan perjalanan ke depan.

Oleh karena itu, mudik Lebaran dibolehkan saja untuk pasien multiple sclerosis. Memiliki MS bukan berarti Anda hanya berdiam diri di rumah. Anda harus tetap aktif, dan mudik Lebaran bisa menjadi cara yang baik.

Sebelum Anda merencanakan mudik Lebaran ke tempat yang lumayan jauh, sebaiknya diskusikan dulu dengan dokter Anda, dan ikuti apa yang dokter Anda sarankan selama perjalanan mudik Anda.

Anda juga bisa mengikuti beberapa tips mudik yang aman dan sehat untuk pasien MS berikut ini.

1. Membawa obat-obatan yang tepat
Tips mudik pertama untuk memastikan Anda dapat bepergian dengan aman adalah obat-obatan. Membawa obat-obatan yang cukup sampai perjalanan terakhir ditambah beberapa hari ekstra.

Selain itu, jika beberapa obat-obatan harus disimpan dalam keadaan dingin, dan perlu diberikan dengan suntikan. Tanyakan pada doketr Anda berapa lama obat Anda bisa bertahan tanpa pendingin.

Jangan lupa untuk membawa obat-obatan yang dijual bebas untuk mengelola gejala. Bahkan jika Anda tidak menggunakannya setiap hari, tetap siapkan saja.

2. Persiapkan untuk perawatan di kampung halaman Anda
Mempersipkan perawatan di tempat tujuan Anda diperlukan jika Anda mengalami gejala MS yang semakin parah atau muncul gejala baru yang bertahan selama 24 jam atau lebih.

Gejala-gejala ini sering merespon obat steroid. Tanyakan pada dokter Anda apakah Anda memerlukan resep untuk paket obat steroid. Beberapa dokter mungkin akan menyarankan ini.

Selain itu, tips mudik kedua ini diperlukan juga jika Anda memiliki tipe MS yang memerlukan perawatan berkala. Pastikan ada perawatan medis yang tersedia di kampung halaman Anda. Cari tahu dulu informasi terkait rumah sakit terdekat, dokter spesialis apa saja yang tersedia, dan seberapa lengkap fasilitasnya.

3. Hindari pemicu multiple sclerosis
Cara terbaik untuk menikmati hari Lebaran bersama keluarga di kampung halaman adalah menghindari pemicu MS yang umum sepanjang perjalanan mudik.

Hindari infeksi. Cuci tangan Anda sering selama perjalanan dan membawa pembersih tangan. Infeksi saluran kemih adalah masalah MS yang umum. Untuk itu, minum banyak cairan dan pastikan Anda pergi ke kamar mandi ketika Anda perlu; jangan menahannya.

Jangan kecapekan, istirahat yang cukup. Perjalanan mudik sangat menguras tenaga, pastikan Anda memiliki cukup tidur dan jangan memaksakan diri untuk menahan kantuk.

Kelola stres. Stres adalah pemicu lain untuk gejala MS. Beberapa stres tidak dapat dihindari, tetapi merencanakan perjalanan mudik dengan baik dapat membantu mengelola stres Anda.

Post a Comment

0 Comments